Home » Teknologi Java

Teknologi Java

A. Sejarah dan Karakteristik Java

     Bahasa pemrograman java pada mulanya diciptakan oleh suatu tim yang bernama The Green Project pada tahun 1991. Proyek ini dibuat oleh Patrick Naughton, Mike Sheridan dan James Gosling. Awalnya bahasa program itu diberi nama Java Oak yang dibuat untuk pengendali peralatan teknologi Touch Screen (Layar Sentuh). Tenknologi ini dinamakan Star Seven.

Mereka menjadikan browser mosaic sebagai landasan untuk membuat browser java pertama yang diberi nama Hot Java sehingga mereka meraih kesuksesan.

Nama Oak sendiri di ambil dari pohon Oak yang tumbuh di depan jendela James Gosling. Karena nama itu sudah dipakai sebagai merk dagang lain. Sehingga di ambillah Java untuk versi release Java. Nama ini diambil dari nama kopi tubruk kesukaan Gosling yang bernama Java.

B. Karakteristik Java

   Java termasuk salah satu bahasa pemrograman yang paling diminati oleh para pengembang aplikasi, karena java memiliki karakteristik sebagai berikut :

1. Object Oriented

Artinya program java dapat dibuat secara modular dan dapat dipergunakan kembali

2. Dapat didistribusikan dengan mudah

3. Interpreter

Program java menggunakan interpreter JVM yang dapat mengkompilasi source code java pada platform yang berbeda.

4. Sederhana

Sintaknya hampir mirip C++, tapi beberapa sintaks telah di perbaharui.

5. Reliabilitas Java tinggi

Compilernya lebih teliti mendeteksi error daripada bahasa pemrograman lain, dan Java juga memiliki Runtime Exception Handling untuk membantu mengatasi error pada saat melakukan pemrograman.

6. Aman

Sistem komputer tidak akan mengalami kerusakan pada saat menggunakan aplikasi tersebut

7. Dinamis

Perubahan di dalam suatu Class dengan menambahkan method baru dapat dilakukan tanpa mengganggu program class tersebut.

C. Platform Pada Java

1. J2SE (Java. 2 Standard Edition)

J2SE adalah bahasa pemrograman Java untuk aplikasi berbasis desktop yang merupakan object-oriented programming.

2. J2EE ( Java 2 Enterprise Edition)

J2EE adalah standar untuk mengembangkan aplikasi skala besar / enterprise. J2EE lebih banyak digunakan sebagai platform untuk pemrograman di bidang server.

3. J2ME ( Java 2 Micro Edition)

J2ME adalah bahasa pemrograman java yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi mobile.

D. Kelebihan dan Kekurangan Java

a. Kelebihan

1. Multiplatform

Yaitu dapat dijalankan di berbagai platform/sistem operasi komputer. Misalnya program yang dibuat pada Linux kemudian dijalankan pada Windows.

2. Library / Kumpulan Fungsi Lengkap

3. Bergaya C++

4. Pengaturan Penggunaan Memori / Pengumpulan Sampah

b. Kekurangan

1. Mudah diDekompilasi

2. Penggunaan Memori yang Banyak

3. Masih adanya beberapa platform yang tidak kompatibel dengan platform lain.

E. Istilah Umum

1. JRE ( Java Runtime Environment )

Perangkat lunak yang berguna untuk menjalankan program yang menggunakan Java.

2. JDK ( Java Development Kit )

Perangkat lunak yang berguna untuk mengkompilasi dari code java ke bytecode sehingga dapat dijalan oleh JRE.

3. JVM ( Java Virtual Machine)

Mengubah bahasa program yang dibuat menjadi bahasa mesin.

4. IDE ( Integrated Development Environmet )

Software yang digunakan untuk membuat suatu software yang lain.

F. Pemrograman

a. Algoritma

Algoritma adalah langkah-langkah yang disusun secara tertulis dan berurutan untuk menyelesaikan suatu masalah.

b. Flowchart

Flowchart adalah suatu bagan yang menggunakan simbol-simbol tertentu yang menggambarkan urutan proses secara mendetail dan hubungan antara suatu proses (instruksi) dengan proses lainnya dalam suatu program.

G. Object Oriented

Adalah suatu metode pemrograman yang berorientasi kepada Objek. Metode ini diambil berdasarkan objek objek yang sudah ada di kehidupan sehari-hari.

a. Class

    Class adalah blueprint dari objek. Class hanya dibuat untuk rangka dasar dan yang akan dipakai adalah hasil cetakan dari class yaitu Object.

b. Object

    Object adalah hasil cetakan atau instance dari class. Misal kita membuat class Hewan dan objeknya adalah Harimau.

c. Variabel

    Suatu lokasi yang berada di memori computer yang berguna untuk menyimpan suatu nilai.

d. Method

    Adalah operasi yang berupa fungsi fungsi yang dapat dikerjakan oleh

suatu object.

e. Diagram Kelas

    Class Diagram adalah metode untuk menampilkan kelas-kelas dan paket-paketnya didalam system. Dengan  class diagram kita bias melihat gambaran system secara statis dan juga relasinya.

f. Perulangan

   Looping atau Perulangan adalah sesuatu atau serangkaian dari program yang bekerja secara berulang-ulang. Didalam Java biasanya contoh dari looping itu adalah While, Do While, dan For.

g. Kondisi

    Kondisi biasanya digunakan untuk memecahkan persoalan dan mengambil keputusan dari beberapa pernyataan. Contoh kondisi pada java ialah If-Else, dan Switch-case.

H. Teknologi

1. Database

    Database yang didukung oleh java cukup banyak, diantaranya adalah MySQL, Oracle, Postgres, B2, Access dan lain-lain. Untuk mengakses dan mengolah database, java menggunakan JDBC.

2. Development Tools

    Development Tools adalah tools yang diimplementasikan pada aplikasi IDE java untuk membangun aplikasi dari java. contohnya Eclipse.

3. J2EE Aplication Server

    Java EE application server menyediakan berbagai service seperti web container, messaging, web service, mail, directory service, database connectivity, distributed transaction, remoting, persistence, dan lain lain. Contoh dari J2EE Aplication server itu adalah Glashfish dan Oracle AS.

4. Java Programming

    Java programming adalah suatu metode penggunaan bahasa menggunakan bahasa java yang berorientasi objek, dan objek tersebut memiliki behavior dan attribute.

5. Web Aplication Framework

    Web Aplication Framework adalah software yang digunakan untuk membangun aplikasi web yang dinamis dan web service.

 

Referensi :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *